Foto : dok. HR Hariarta Sedana

LITERASI KEUANGAN : PT. BPR HARIARTA SEDANA GO TO SCHOOL

Menunjuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan; SEOJK Nomor 1/SEOJK.07/2014 tentang pelaksanaan Edukasi dalam Rangka Meningkatkan Literasi Konsumen dan / atau Masyarakat; Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan / atau Masyarakat; SEOJK Nomor 30 / SEOJK.07/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan, serta pelaksanaan misi PT. BPR Hariarta Sedana yang mendukung pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Mikro, Kecil dan Menengah serta mengurangi kemiskinan melalui penawaran produk dan layanan perbankan. PT. BPR Hariarta Sedana melaksanakan program Literasi Keuangan untuk lebih mengedukasi masyarakat terhadap pemanfaatan layanan keuangan.

Sasaran kegiatan Inklusi Keuangan PT. BPR Hariarta Sedana kali ini adalah pelajar di SMPN 21 Tangerang yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2018 bertepatan dengan hari Konsumen Nasional. Pelaksanaan Literasi Keuangan disambut baik oleh Bpk. Drs. Muh Yusuf, M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 21 Tangerang, dengan mengikutsertakan 100 siswa-siswinya dari kelas tujuh dan kelas delapan.

Pada kesempatan ini Kepala Divisi Pemasaran PT. BPR Hariarta Sedana Bpk. Ogi Agusti, SE menyampaikan materi Literasi Keuangan dan mengajak para pelajar untuk memiliki mimpi atau cita-cita yang spesifik dan konkrit. Sehingga para pelajar harus disiplin, giat belajar dan fokus kepada mimpinya, Raih pendidikan yang setingi-tingginya untuk meraih cita-citanya. PT. BPR Hariarta Sedana juga memberikan edukasi akan hadirnya bank di tengah-tengah masyarakat, bagaimana mengelola keuangan yang baik dan menghimbau para pelajar untuk rajin menabung dan tidak boros.

Dalam kegiatan Literasi Keuangan ini juga disematkan kegiatan Pretest dan Posttest sebagai tolak ukur pengetahuan pelajar dalam menyerap informasi yang diberikan. PT. BPR Hariarta Sedana memilih 20 orang pelajar secara acak untuk mengikuti pretest dan posttest. Nilai pengetahuan pelajar sebelum Kegiatan Literasi sebesar 42% dan meningkat menjadi 57% setelah Literasi dilaksanakan. Sehinga dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai sebesar 35%.