Foto : dok. HR Hariarta Sedana

Dirut : "Kolektor BPR HS, Jalan Dulu Baru Teori"

Direktur PT BPR Hariarta Sedana, Ir. Gede Yudha, MM memberi pembekalan kepada team Kolektor saat Meeting sore pada Rabu (19/09) di ruang rapat Lt. 3 Kantor Pusat. Kegiatan meeting sore ini rutin dilakukan oleh team AO/Marketing dan Kolektor bersama dengan Kabag Kredit, Kadiv Pemasaran ataupun bersama Direksi.

Dalam pembekalan kali ini, Dirut BPR HS akan berupaya untuk membangun kapasitas team Kolektor yang biasanya hanya melakukan penagihan saja namun sekarang Kolektor dituntut untuk dapat melakukan pemasaran produk termasuk kredit, salah satunya adalah DoRi (Dompet Hariarta). DoRi adalah produk Kredit dalam skala kecil yaitu dengan tenor hanya satu bulan dan maksimal plafond sebesar Rp. 10 juta.

Adapun syarat pengajuan DoRi adalah nasabah harus memiliki tabungan di BPR HS, yang kemudian nasabah melakukan install aplikasi DoRi, fotocopy KTP, KK, dan foto melalui aplikasi. Saat ini secara tidak langsung Kolektor telah berperan seperti Account Officer (AO) Junior karena telah menjalankan prinsip kredit dan manajemen risiko kredit, "Tak ada bisnis yang tidak berisiko" pungkas Dirut BPR HS.

Dirut BPR HS menambahkan, "membangun kapasitas SDM merupakan kunci utama dalam keberhasilan perusahaan. Biasanya orang akan menjalankan suatu bisnis proses setelah mengetahui teorinya, namun ini sebaliknya tanpa disadari rekan-rekan Kolektor telah menjalankan bisnis proses tersebut sebelum mengetahui teorinya, ibarat jalan dulu baru tahu teorinya".

Materi pembekalan yang disampaikan adalah Manajemen Risiko Kredit yang isinya adalah untuk memberi pemahaman agar Kolektor mampu melakukan analisa kredit yang di antaranya memahami prinsip 5 C, memahami informasi spesifik tentang watak, kemampuan pribadi dan agunan calon nasabah debitur serta menilai kekayaan kredit.